Apa Sih Arti Do'a Yang Kita Baca Selesai Solat

  • Nov 26, 2021
  • Desa Bajur
  • Kegiatan Desa

Desa Bajur - Jum'at 26 November 2021 pengajian rutin Majlis Baiturrahman malam ini diisi oleh TGH. Musleh yang dimana beliau membahas tafsiran do'a yang biasanya kita baca setelah selesai melaksanakan solat.

Acara dihadiri oleh khalayak lebih hususnya masyarakat Desa Bajur yang memenuhi Masjid Baiturrahman sampai teras luar.

Allah Subhanahu wa Ta'ala pemilik dan pemberi keselamatan di dunia dan akhirat. Sudah semestinya sebagai manusia kita hanya berdo'a kepada-Nya, memohon diberi hajat yang kita inginkan. Lantas seperti apa makna doa yang biasa kita baca setelah selesai solat?

TGH. Musleh menjelaskan bahwasanya kita berdo'a;

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut."

Lanjut TGH. Musleh juga menjelaskan makna do'a Allahumma ajirna minannar adalah salah satu doa yang telah dikenal, diajarkan, dan dibaca oleh masyarakat kita sejak dahulu kala. 

اللَّهُمَّ أَجِرْنَا مِنْ النَّارِ

Memilki Arti: Ya Allah lindungilah kami dari api Neraka.

Dasar dari bacaan doa ini adalah hadits yang menjelaskan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah berbisik kepada sahabat Muslim bin Al-Harits At-Tamimi radliyallahu anhu:

 

إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ: اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ، فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا، وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ، فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَ

 

“Apabila kamu telah selesai dari shalat Maghrib, maka ucapkanlah: Allahumma ajirni minannaar sebanyak 7x. Sesungguhnya bila kamu mengucapkan itu kemudian meninggal di malam hari, telah ditetapkan bagimu perlindungan darinya. Apabila kamu telah selesai dari shalat shubuh, maka bacalah seperti itu. Sesungguhnya jika kamu meninggal di harimu, telah ditetapkan bagimu perlindungan darinya.” [Hr. Abu Dawud].

Untuk kajian lengkapnya bisa di tonton di chanel you tobe majlis baiturrahman. https://youtube.com/channel/UCVDTHcw5SVSaANoIRPlAb-w