Jika Engkau Tidak Tahu, Maka Katakan "Tidak Tahu" Karena Itu Sebagian Dari Ilmu.

  • Jan 14, 2022
  • Desa Bajur
  • Kegiatan Desa

Desa Bajur - Jum'at, 14 Januari 2022 Kajian majlis baiturrahman malam ini di isi oleh Tgh. Sufian Humaidi yang merupakan seorang Tgh karismastik, kajian malam ini bertema, "Setiap Insan Memilki Keilmuannya Masing-Masing." Kajian di hadiri oleh masyarakat Desa Bajur yang memenuhi masjid baiturrahman.

Pada malam hari ini, Tgh. Sufian menuturkan kisah, pada suatu hari datanglah tiga orang
pendeta Yahudi menghadap kepada Khalifah Umar Bin Khattab RA, kemudian berkata; wahai amirulmu’minin, kami bertiga datang ingin bertanya kepadamu tentang beberapa hal, apabila engkau bisa menjawab pertanyaan kami, maka kami bertiga masuk Islam. Tapi jika engkau tidak bisa menjawab berarti Islam itu bukan agama yang benar dan Muhammad itu bukan seorang Rasul.

Mendengar pertanyaan itu, Khalifah Umar RA memerintahkan Salman untuk memanggil Ali RA guna menjawab tantangan Pendeta tersebut.

Dalam tantangan ini Pendeta tersebut melontarkan 6 pertanyaan yang sangat sulit dan membutuhkan pemikiran yang mendalam.

Pertanyaan yang pertama; kapan pintu langit itu terkunci?. “Ini pertanyaan jebakan namanya pak, dia menggunakan
pertanyaan yang rasanya sulit untuk dijawab. Karena itu butuh nalar yang dalam.” jelas Ust. Nazril ketika menceritakan kisah ini. Ali RA menjawab; assyirku billah (sirik
kepada Allah ), jika kalian mempersekutukan Allah seluruh amalan tidak naik ke langit itulah makna langit terkunci

“Kemudian yang kedua” lanjut pendeta mengajukan pertanyaannya. Kapan pula masanya pintu langit itu terbuka ?. Ali RA menjawab, disaat engkau mengucapkan Lailaha lllallah.

“Kemudian yang ketiga” lanjut pertanyaan pendeta; coba engkau sebutkan kuburan yang bisa berjalan sama penghuninya?. “yang kalian tanyakan ini adalah Yunus Bin Mata (Nabi Yunus) yang berada di perut ikan. Itulah kubur yang berjalan bersama penghuninya” jawab Ali RA. “Kalau Nabi Yunus tidak banyak mohon ampun kepada Allah maka ikan itu akan tetap mengubur Nabi Yunus didalam perutnya. Nabi Yunus dibawa 40 hari di perut ikan ke 7 samudra baru di muntahkan.” Jelas Ust. Nazril ketika menerangkan tentang kisah Nabi Yunus.

Pendeta itu terkaget
karena pertanyaannya bisa terjawab.
“Kemudian sebutkan pula makhluk Allah yang bisa memberikan peringatan kepada kaumnya tapi dia tidak manusia dan tidak pula jin.”

Pertanyaan keempat pendeta Yahudi. Ali RA menjawab, semut yang mengomandoi tentaranya untuk masuk kedalam sarangnya karena Nabi Sulaiman mau lewat.

Pendeta Yahudi melanjutkan pertanyaannya yang kelima. Coba engkau sebutkan lima makhluk Allah yang berjalan dimuka bumi tapi tidak dilahirkan oleh ayah maupun ibu (induknya)?.

“Adam AS, Siti hawa, onta Nabi Soleh keluar dari batu, tongkat Nabi Musa berubah jadi ular, ular itu tidak dilahirkan induknya dan kambing pengganti leher Nabi Ismail.” Jawab Ali RA.

Pertanyaan terakhir/keenam dari pertanyaan Pendeta Yahudi. Coba engkau jelaskan kepada kami kisah pemuda yang mempertahankan imannya dan mereka bersembunyi di dalam gua. Mendengar pertanyaan itu Ali RA mempersilahkan Pendeta Yahudi duduk untuk mendengarkan jawaban dari pertanyaannya mengenai kisah tentang Ashabul Kahfi yang beliau akan ceritakan secara rinci dan jelas.