Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

  • Jul 01, 2022
  • Desa Bajur
  • Kegiatan Desa

Desa Bajur - Jum'at, 01 Juli 2022 Kajian Majlis Baiturrahman malam  ini diisi oleh Tgh. Musleh yang merupakan seorang Tgh. Karismatik, kajian malam ini bertema, " Keutamaan 10 Hari Bulan Dzulhijjah." Kajian dihadiri oleh masyarakat Desa Bajur yang memenuhi Masjid Baiturrahman.

Umat Islam kembali kedatangan Bulan Dzulhijjah, salah satu dari empat bulan mulia dalam kalender Hijriah. Ada banyak keutamaan 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah yang disebutkan dalam Al Quran dan hadits.

Allah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. At-Taubah: 36)

Tgh. Musleh memaparkan diantara keutamaan bulan Dzulhijjah terletak di 10 hari pertama. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Imam at Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?" Rasulullah SAW menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun."

Menyikapi hal ini Tgh. Musleh mengajak kepada Masyarakat khususnya Jam'ah Majlis Baiturrahman meningkatkan ibadahnya pada 10 bulan Dzulhijjah ini.

Beliau berkata, "Kalo sudah istiqomah baca Al-Qur'an, solat, berzikir, puasa lanjutkan! kalo bisa di perbanyak lagi, jika masih belum mari perlahan-lahan memulai."

Tgh. Musleh juga mengajak jam'ah meningkatkan amalan ibadah di masjid seperti solat tasbih yang akan di lakukan mulai besok malam.