Manusia Itu Kaya! Punya Empat Permata!! Apa Itu?

  • Dec 31, 2021
  • Desa Bajur
  • Kegiatan Desa

Desa Bajur - Jum'at, 31 Desember 2021 Kajian majlis baiturrahman malam ini di isi oleh Ust. Mujtahidin yang merupakan seorang Ust karismastik, kajian malam ini bertema, "Manusia Memilki Empat Permata." Kajian di hadiri oleh masyarakat Desa Bajur yang memenuhi masjid baiturrahman.

Kajian kali ini dipetik dari sebuah hadis Nabi Muhammad SAW "Ada empat permata pada diri anak Adam yang dapat dihilangkan oleh empat perkara lainnya, yaitu Akal, Agama, Rasa Malu dan Amal Shalih."

Ust Mujtahidin memaparkan manusia merupakan makhluk terbaik karna ia memilki 4 permata yakni akal, agama, sifat malu dan amal soleh, yang dimana sifat ini bisa hilang seketika jika manusia itu tidak dapat menjaganya.

Dimana akal dapat hilang dengan amarah, agama juga dapat hilang dengan rasa hasad, sifat malu juga dapat hilang dengan ketama'an, dan amal soleh dapat menghilang ketika manusia sering menggunjing sesamanya.

Maka dari itu sebagai manusia hendaknya kita menjaga diri kita agar tetap memilki 4 permata yang membuat kita menjadi insan yang bertakwa.

Ada pun lebih jelasnya ;

"Akal" adalah Permata Rohani ciptaan Allah, dilekatlan pada diri manusia sehingga manusia bisa membedakan antara hak dan batil.

"Agama" adalah aturan Allah yang mengajak orang yang berakal sehat untuk menerima segala sariat yang dibawa Rasulullah SAW.

"Hasud/dengki" adalah sifat yang mengharapkan hilangnya kenikmatan pada orang lain. "Jauhilah oleh kalian hasud karena hasud menghapus pahala kebaikan sebagaimana api membakar kayu," (Hadis Riwayat Abu Daud).

Terkait marah, Rasulullah pernah berpesan "Wahai Muawiyah, jauhilah marah, karena marah merusak iman sebagamana pahitnya brotowali merusak manisnya madu." (HR. Baihaqi).

​​