Tingkatan Hati Menurut Umur Dalam Aspek Spritual

  • Aug 12, 2022
  • Desa Bajur
  • Berita Desa

Desa Bajur - Jum'at, 12 Agustus 2022 Kajian Majlis Baiturrahman malam  ini diisi oleh Tgh. Ahmad Khairil Abror yang merupakan seorang Tgh. Karismatik, kajian malam ini bertema, "Tingkatan Hati Menurut Usia & Umur".

Tgh. Khairil menjeleskan bagaimana perbedaan usia dan umur berdasarkan tafsir Prof. Quraish Shihab yang dikategorikan menjadi 4 macam,

Pertama, umur manusia dari aspek biologis.
Ketika seseorang lahir pada tahun 1970 dan pada tahun 2022 dia telah berusia 52 tahun. Hitungan umur ini dilahat dari aspek biologis.

Kedua, umur manusia dari aspek psikologis.
Ada orang/anak muda yang yang berbicara tentang masa lalu atau berpikir tentang masa lalu, secara psikologis dia sudah tua. Sebaliknya, orang yang tua yang berbicara atau berfikir tentang masa depan, secara psikologis dia masih muda

Ketiga, umur manusia dari aspek kedewasaan.
Seumpama seorang yang berusia 30 puluh tahun namun masih berbicara, berfikir, bersikap, dan bertingkah kekanak-kanakan, berarti belum dewasa. Sebaliknya ketika seorang anak yang berusia 12 tahun namun cara berbicara, berfikir, bersikap dan bertindaknya sudah seperti orang dewasa, berarti dia sudah dewasa.

Keempat, umur manusia dari aspek spiritual.
Aspek spiritual ini adalah ketika seseorang mendapat keistimewaan malam lailatul qadar, sehingga secara spiritual ibadahnya menyamai atau boleh jadi melampaui orang yang berusia 83 tahun.

Dalam hal ini Tgh. Khairil lebih dalam menjelaskan tentang tafsiran keempat yakni aspek spiritualnya yakni bagaimama seorang muslim menempatkan hatinya agar selalua mengingat Allah Swt. dalam setiap pekerjaannya dan selalu memuhasabah diri.