Punya Lahan Pekarangan! Tapi Bingung Manfaatinnya Gimana. Yuk Simak.

  • Dec 14, 2022
  • Desa Bajur
  • Kegiatan Desa

Desa Bajur - Rabu, 14 Desember 2022 Pemdes Desa Bajur mengadakan Pemberdayaan Perempuan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK Desa yang di hadiri langsung oleh Pemdes, PKK, dan Kader Posyandu.

M. Mamduh Winagun menjadi pemateti pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan sendiri sekaligus pembibitan pada pagi hari tadi.

Pekarangan sendiri merupakan sebidang tanah yang ada di sekitar rumah tinggal tampak bagian depan, belakang, maupun samping dan jelas batas-batasnya, karena letaknya disekitar rumah maka pekarangan mudah untuk dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga dengan memanfaatkan waktu yang tersedia.

Pemanfaatan pekarangan adalah pekarangan yang dikelola secara terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga.

Menjalani aktivitas di rumah selama masa pembatasan sosial akibat pandemi Coronavirus (COVID-19) sebaiknya diisi dengan kegiatan yang produktif. Memanfaatkan pekarangan rumah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat merupakan kegiatan yang bisa dijalani oleh anggota keluarga.

Pemanfaatan pekarangan rumah yang baik sebaiknya dikelola melalui pendekatan terpadu dengan mengintegrasikan berbagai jenis tanaman ataupun ternak. Ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan bahan pangan secara terus menerus. Namun, jika halaman tidak hanya enak dipandang dan ingin memberikan manfaat, pemilik bisa menanam tanaman bunga sekaligus tanaman pangan.

Setidaknya, ada 4 pelaksanaan pemanfaatan pekarangan yang dapat diterapkan, antara lain:

-Warung Hidup
-Apotek Hidup
-Lumbung Hidup
-Sumber Pendapatan Keluarga

Selain beberapa hal yang telah dijelaskan diatas. Kegiatan Pemanfaatan Pekarangan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:

-Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga
-Menciptakan lingkungan yang hijau
-Meningkatkan kemampuan keluarga dalam memanfaaatkan pekarangan